BAZNAS Raih Peningkatan Signifikan dalam Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI
03/01/2025 | Penulis: Penulis Azzam dan Editor Ayu
#NikmatBerzakat
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mendapat apresiasi dari Ombudsman RI atas peningkatan signifikan dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik pada tahun 2024.
Kepala Keasistenan Manajemen Pengetahuan dan Penilaian Kepatuhan Ombudsman RI, Aat Sugihartati mengatakan, Penilaian ini menunjukkan perkembangan yang konsisten dari tahun ke tahun. Pada 2022, BAZNAS memperoleh skor 70,88 dan masuk dalam zona kuning. Nilai ini meningkat pada 2023 menjadi 73,86, masih di zona kuning. Pada 2024, BAZNAS mencatat lonjakan nilai menjadi 88,03, masuk zona hijau kategori A, dengan Opini Kualitas Tertinggi.
Acara ini dihadiri oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mo Mahdum, MIDEc, Ak, CA, CPA, serta pimpinan BAZNAS lainnya, termasuk Prof. (HC) Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec., Prof. Ir. H. M. Nadratuzzaman Hosen, MS, MEc, Ph.D., dan KH. Achmad Sudrajat, Lc. MA.
Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil kerja sama seluruh unit di BAZNAS untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
"Ini adalah bukti nyata kerja keras dan kolaborasi di lingkungan BAZNAS dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik," dalam Konferensi Pers Penerimaan Penghargaan BAZNAS di Jakarta, Selasa (31/12/2024).
Aat menjelaskan, penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman bertujuan mencegah maladministrasi dan mendorong lembaga memenuhi standar pelayanan yang menjadi kewajiban penyelenggara layanan publik.
Penilaian ini juga diselaraskan dengan laporan pengaduan masyarakat. Lembaga yang tidak melaksanakan saran perbaikan atau rekomendasi dari Ombudsman tidak akan menerima penghargaan.
Pada 2025, Aat mengungkapkan penilaian kepatuhan akan berubah menjadi opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. Penilaian tidak hanya mencakup produk administratif, tetapi juga mencakup produk, jasa, dan barang.
"Nilai kepatuhan yang meningkat menunjukkan bahwa kompetensi pelaksana, pengelolaan pengaduan, serta pemenuhan standar pelayanan di BAZNAS sudah sangat baik," tambahnya.
Ia berharap pencapaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui evaluasi rutin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
"Dengan transformasi ini, kami berharap BAZNAS dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilainya," tutup Aat.
Berita Lainnya
BAZNAS Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Pengobatan, Ringankan Beban Ibu Nuraisyah
BAZNAS Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Rumah Layak Huni di Bengkulu Tengah
BAZNAS Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas di Bengkulu Selatan
BAZNAS Provinsi Bengkulu Serahkan Bantuan Al-Qur’an dan Kitab Iqro untuk SRMA 6 Kota Bengkulu
BAZNAS Provinsi Bengkulu Serahkan Bantuan Gerobak Usaha untuk Bapak Andi Berjualan Soto Tangkar Betawi
BAZNAS Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Yayasan Khairunnisa di Kepahiang

Info Rekening Zakat
Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.
BAZNAS
